Syarat dan Ketentuan Sewa Alat

PASAL 1
(ATURAN UMUM)

  1. Penyewa menyatakan telah memahami sepenuhnya fungsi alat yang disewa.
  2. Penyewa bertanggung jawab sepenuhnya atas pemahaman order dan teknis produksi dari alat yang disewa.
  3. Penyewa menyatakan diri sanggup dan wajib untuk menjaga dengan baik alat yang disewa dan jika ada kecelakaan kerja / hal-hal yang tidak diinginkan, maka penyewa wajib dan sanggup mengganti sepenuhnya kerusakan / kehilangan alat-alat yang disewa.
  4. Penyewa wajib membayar tagihan pembayaran tepat waktu
  5. Penyewa tidak boleh “memindah-tangankan” alat kepada pihak lain
  6. Filter Studios berhak membatalkan pesanan alat penyewa sewaktu-waktu karena alasan yang bersifat internal.

PASAL 2
(PROSEDUR SEWA)

  1. Penyewa wajib mengisi seluruh kolom dalam “Formulir Pendaftaran Sewa Alat”.
  2. Filter Studios akan melakukan survey dan klarifikasi data ke penyewa.
  3. Setiap sewa menggunakan uang jaminan seharga nilai deposit alat yang telah ditentukan Filter Studios dan meninggalkan dokumen pribadi asli (KTP/SIM/KK dan Passport khusus foreigner).
  4. Setelah mengisi “Formulir Pendaftaran Sewa Alat”, penyewa wajib upload 1 foto selfie serta 2 foto dokumen berharga seperti KTP, KK, atau Passport. Setelah itu tim verifikasi akan memproses 1-3 hari kerja, hasilnya adalah diterima atau ditolak (adalah kebijakan internal tidak dapat diganggu gugat & bersifat rahasia), meneruskan proses daftar artinya telah memahami kondisi ini.
  5. Penyewa melakukan booking ke Filter Studios (bisa melalui WA, SMS, Call, E-mail) dengan menyebutkan nama alat, quantity, dan tanggal
  6. Penyewa menerima invoice, memastikan apa pesanan sudah benar
  7. Jika sudah benar,penyewa wajib mentransfer Down Payment (DP), dengan batas waktu transfer 60 menit untuk reservasi alat (lock unit). Jika melebihi dari batas waktu transfer, penyewa wajib konfirmasi ulang ketersediaan alat, karena alat akan di-buka lagi untuk penyewa lain
  8. Penyewa mendapat Invoice baru dengan keterangan DP sudah diterima / Lunas

PASAL 3
(DENDA PEMBATALAN)

  1. Pembatalan pesanan alat hanya dapat dilakukan apabila alat pesanan belum di ambil dari store
  2. Penyewa membatalkan pesanan alat adalah sama dengan merubah tanggal sewa atau merubah alat atau sepenuhnya membatalkan pesanan
  3. Penyewa membatalkan pesanan alat sebelum atau di H-3 sampai H-1 tanggal order, denda : 50%  dari total nilai alat & masa sewa  yang dicancel
  4. Penyewa membatalkan pesanan alat di hari H (tanggal order) denda : 100%  dari total nilai alat & masa sewa  yang dicancel

PASAL 4
(SERAH TERIMA ALAT)

  1. Waktu sewa dihitung bukan per-24 jam tapi per-tanggal (ketentuan waktu adalah pukul 07:00-06:00
  2. Penyewa melakukan pelunasan / kekurangan pembayaran pada store crew sebagai syarat ambil alat
  3. Pengambilan alat waktunya secara teknis dimulai pukul 07:00, namun secara non-teknis dapat lebih awal (konfirmasi ketersediaan terlebih dahulu dengan Filter Studios), dan pengembalian alat waktunya maksimal pukul 06:00
  4. Penyewa bertanggung jawab secara sadar dan mandiri serta berjanji tepat waktu untuk mengambil dan mengembalikan alat sendiri ke Filter Studios.
  5. Penyewa bersedia “diganggu” atau “membantu” Filter Studios, dalam sikon apapun dan kapanpun untuk kebutuhan informasi rencana jam pengambilan & pengembalian alat guna membantu mempercepat proses distribusi alat dengan penyewa lainnya di Filter Studios.
  6. Penyewa maklum akan terjadinya “accident”, yaitu sewaktu-waktu di hari H alat pesanan tidak dapat diambil atau sangat terlambat status “ready” alat tersebut, karena kejadian khusus, misal : penyewa sebelumnya yang menggunakan alat yang sama dihari sebelumnya tiba-tiba menghilang, kecelakaan, tertidur, atau alat tiba-tiba error pada saat proses serah terima, dsb, sehingga alat tidak dapat distribusikan ke penyewa berikutnya. Zenon Rental akan terus meng-update informasi ke penyewa berikutnya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari unit pengganti namun jika tidak membuahkan hasil, penyewa telah menyadari hal ini bisa saja terjadi setiap saat di Filter Studios sebagai penyedia rental alat untuk umum, jika hal ini terjadi maka uang penyewa akan dikembalikan seutuhnya untuk alat tersebut.
  7. Pihak penyewa setelah menandatangani surat tanda terima alat berarti telah menyetujui barang diterima dalam keadaan baik dan tunduk dalam ketentuan yang berlaku dalam “Syarat dan Ketentuan Sewa Alat”, maka penyewa DIWAJIBKAN untuk memeriksa kelengkapan dan fungsi alat sebelum menandatangani surat tanda terima alat. Segala bentuk masalah yang timbul setelah tanda tangan surat tanda terima alat, sepenuhnya adalah tanggung jawab penyewa. (Filter Studios tidak menerima alasan tidak sempat cek karena buru-buru, mengantuk, dll)
  8. Saat alat kembali ke Filter Studios (dilayani Store Crew), DIWAJIBKAN bagi penyewa untuk menyaksikan proses pemeriksaan alat hingga Tim Filter Studios selesai memeriksa kelengkapan dan fungsi alat secara utuh dan menanda tangani surat tanda terima bahwa alat telah kembali ke Filter Studios dalam keadaan baik, sehingga penyewa mendapat jaminan bahwa tanggung jawab penyewa menjaga alat selama masa sewa telah selesai, jika ditemukan masalah saat pemeriksaan tim Filter Studios, maka tim Filter Studios akan memberi tanda khusus atau tidak akan menandatangai surat tersebut sehingga masalah diselesaikan dengan baik (merujuk pasal 7), (metode ini tidak berlaku saat alat diterima Runner). 

PASAL 5
(DENDA KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN ALAT)

  1. Denda keterlambatan alat :
    Denda satu jam pertama dimulai pukul 06:15 waktu setempat, H+1 tanggal sewa.
    b. Penyewa mengembalikan alat di jam 06:15 – 07:00, denda : 10% dari total nilat alat sewa
    c. Penyewa mengembalikan alat di jam 07:01 – 08:00, denda : 20% dari total nilat alat sewa
    d. Penyewa mengembalikan alat di jam 08:01 – 09:00, denda : 30% dari total nilat alat sewa
    e. Penyewa mengembalikan alat di jam 09:01 – 10:00, denda : 100% dari total nilat alat sewa
    f. Penyewa mengembalikan alat di jam 10:00 dst, denda : 200% dari total nilat alat sewa
    g. Penyewa mengembalikan alat di H+2 dst, denda : 200% dari total nilat alat sewa, berlaku kelipatan setiap hari keterlambatan
    h. Penyewa tidak akan terkena denda keterlambatan jika berkoordinasi dengan baik kepada Filter Studios sehingga Penyewa mendapatkan surat order resmi perpanjangan sewa
  2. Keterlambatan pengembalian alat hanya boleh melalui izin dari Filter Studios, Penyewa terlambat dan tidak koordinasi akan di black list.
  3. Filter Studios berhak sewaktu-waktu menjemput paksa alat yang memiliki indikasi akan terlambat.

PASAL 6
(KEBIJAKAN UMUM, ALAT & DOKUMEN)

  1. Penyewa yang menginformasikan mendadak perpanjangan alat saat dilapangan dapat di setujui atau dapat ditolak sepihak oleh Filter Studios jika tidak memungkinkan (sudah di booking penyewa lainnya), dan alat wajib dikembalikan sesuai jadwal semula.
  2. Alat dari Filter Studios selalu dalam kondisi maintenance yang baik, tim Filter Studios selalu memeriksa kelengkapan dan fungsi alat sebelum di serah terima-kan dengan penyewa, jika ada alat yang kurang maksimal fungsinya, penyewa dapat klaim ke Filter Studios untuk mengatasinya
  3. Segala jenis Baterai pada umumnya (BLF-19 dan sejenisnya) dan pada khususnya (baterai AA/AAA) adalah fasilitas tambahan pendukung dari alat utama yang disewakan atau bersifat complimentary, jumlahnya menyesuaikan apa yang di-infokan di website, jika kurang banyak penyewa dapat membeli sendiri, dan isi daya listrik dalam baterai selalu diusahakan Tim Filter Studios untuk selalu penuh sebelum pengambilan alat, namun dalam kondisi tertentu (traffic padat weekend), penyewa memaklumi jika baterai tidak dalam kondisi penuh.
  4. Hood lensa / Strap / kabel video kamera / handle head, adalah alat dalam kategori by request only, atau hanya diberikan jika diminta (mengingat banyaknya kejadian hilang di lokasi produksi)
  5. Filter Studios tidak bertanggung jawab atas kehilangan data digital sebelum alat dikembalikan (memory corrupt) ataupun setelah alat dikembalikan, adalah kewajiban penyewa untuk memeriksa fungsi alat saat pengambilan alat dan mem-backup data sendiri setelah selesai menggunakan alat, sebelum dikembalikan ke pihak Filter Studios.
  6. Dokumen Invoice sifatnya adalah fleksibel, Customer Service dapat membuat dokumen tersebut melalui media sosial (whats app/sms) untuk situasi tertentu, dan bisa melalui email.
  7. Operator alat bertugas mengoperasikan alat sesuai keahliannya, tidak dapat dialihkan ke alat lainnya.
  8. Tim Filter Studios berhak menahan passpor selama masa sewa Bagi penyewa orang asing (foreigner)

PASAL 7
(KERUSAKAN & KEHILANGAN ALAT)

  1. Penyewa memahami alat-alat Filter Studios tidak di asuransikan dan menyetujui bertanggung jawab sepenuhnya secara pribadi baik material maupun non material, secara cepat dan tidak berbelit-belit atas segala bentuk kelalaiannya dengan alasan apapun yang menyebabkan alat dinyatakan Filter Studios rusak atau hilang.
  2. Penyewa dilarang keras untuk melakukan perbaikan sendiri atas barang yang rusak di lapangan dengan alasan apapun, kerusakan wajib di lapor ke Filter Studios untuk di proses lebih lanjut. Hanya Filter Studios yang berhak memperbaiki alat.
  3. Setinggi-tingginya nilai penggantian atas barang yang rusak atau hilang adalah senilai HARGA TERBARU toko yang ditunjuk pihak Filter Studios.
  4. Pengembalian alat yang tidak utuh atau ada bagian dari alat yang belum kembali karena alasan apapun sehingga menyebabkan alat kehilangan fungsi kerjanya dianggap sewa kembali (tambahan hari) hingga bagian tersebut dikembalikan ke pihak rental (dengan kondisi alat utama di tahan Filter Studios). Maksimal kembali-nya adalah 3 hari kerja atau dituntut ganti rugi penuh.
  5. Penyewa bersedia meninggalkan dokumen negara asli (ktp/sim/kk/passport) kepada Filter Studios, sebagai jaminan atas alat hilang atau mengalami kerusakan berat (penilaian kerusakan sepenuhnya hak Filter Studios), hingga penyewa menyelesaikan tanggung jawabnya untuk mengganti sesuai ketentuan.
  6. Jenis ganti rugi penyewa terhadap Filter Studios atas barang yang bermasalah (rusak / hilang) dikarenakan perbuatannya (semua dapat dikenakan biaya operasional) sebagai berikut :
  1. DIKENAKAN BIAYA SERVIS
    Penggantian spare part, dan atau servis saja, biaya-biaya tersebut akan disesuaikan sesuai estimasi awal atau data hasil akhir dari rekanan servis Filter Studios (jika perlu dilengkapi dengan kontak vendor servis, kwitansi, foto, dll).
  2. DIKENAKAN BIAYA PENALTY
    Penggantian ganti rugi uang dalam jumlah tertentu atas barang yang mengalami kerusakan ringan tanpa/dengan meninggalkan bekas cacat, yang diputuskan pihak Filter Studios untuk tidak diservis.
  3. DIKENAKAN BIAYA GANTI RUGI PENUH
    Penggantian ganti rugi penuh berupa benda atau uang atas barang dengan kerusakan berat / hilang.
  4. DIKENAKAN BIAYA KOMPENSASI
    Jika proses pemeriksaan untuk diputuskan servis / penalty / ganti rugi penuh,memakan waktu/hari melewati 3 hari weekend (jumat, sabtu dan minggu) sejak tanggal kejadian masalah,maka penyewa di charge sewa di 3 hari tersebut dan berulang terus setiap minggu-nya sebagai kompensasi atas alat Filter Studios yang tidak dapat disewakan karena kelalaian penyewa. Biaya kompensasi ini terus berlaku hingga alat selesai secara utuh proses servis/penalty/ganti rugi penuh.
    Penyewa dapat bebas akan biaya kompensasi ini jika meminjamkan alat dengan kualifikasi yang sebanding kepada Filter Studios yang disetujui pihak Filter Studios hingga proses servis / penalty / ganti rugi penuh telah selesai.
    Penyewa mengganti jenis ganti rugi maksimal waktunya adalah 3 hari, setelah diinformasikan besaran nilainya ,atau akan dituntut sesuai pasal 8.

PASAL 8
(PERBUATAN MERUGIKAN & TINDAKAN KRIMINAL)

  1. Segala bentuk indikasi atau tindak kriminal atau perbuatan yang merugikan Filter Studios akan dilaporkan kepada pihak kepolisian Republik Indonesia dan dituntut dalam hukum Negara Indonesia.
  2. Segala bentuk permasalahan akan diusahakan diselesaikan secara kekeluargaan namun jika sudah melewati batas kewajaran maka pihak Filter Studios akan membuat BAP (Berkas Acara Pemeriksaan) di Kepolisian setempat.
  3. Segala bentuk perbuatan yang merugikan pihak Filter Studios dan dinilai tidak terselesaikan dengan tanggung jawab atau perbuatan tidak menyenangkan (buruknya ATTITUDE) atau karena track record buruk berulang atau rekomendasi buruk dari Filter Studios, serta pertimbangan-pertimbangan lainnya, tim Filter Studios akan mengeksekusi nama penyewa dimasukkan dalam  kategori BLACK LIST (daftar hitam), yaitu penyewa tidak dapat menyewa kembali (hingga di white list).
  4. Kategori penyewa yang akan di-black list adalah : ATTITUDE yang buruk, malas baca “Syarat dan Ketentuan Sewa Alat”, suka berantakan saat mengembalikan alat, sering tidak utuh/hilang/rusak/kotor saat mengembalikan alat, pengakuan berbelit-belit saat alat yang disewa dalam masalah, sering telat saat pengembalian alat, nomor hp sulit dihubungi saat jam-jam ambil/kembali alat, atau saat ada masalah dengan alat yang disewa, sering telat membayar biaya sewa, tidak membayar sewa/denda/penalty, cancel alat dan tidak bertanggung jawab, nama buruk di rentalan lain, melanggar isi “Syarat dan Ketentuan Sewa Alat”.
  5. Proses white list (penghapusan nama penyewa dalam kategori black list) sepenuhnya kebijakan Filter Studios dengan menimbang nilai masalah yang ditimbulkan serta itikad baik dari penyewa.

PASAL 9
(PERUBAHAN INFORMASI)

  1. Isi dari Syarat dan Ketentuan Sewa Alat dan Pricelist dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  2. Adalah kewajiban penyewa untuk selalu up-to-date dengan informasi umum dari Filter Studios melalui website official www.filterstudios.id.

PASAL 10
(PERSETUJUAN)

  1. Penyewa dengan sadar telah mengetahui, memahami, menyetujui, tunduk dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya segala ketentuan-ketentuan yang tercantum didalam pasal-pasal serta ayat-ayat di halaman Formulir Pendaftaran Sewa Alat / Syarat dan Ketentuan Sewa Alat di halaman fisik dan halaman online yang ter-update di website dalam rentang waktu tak terbatas selama penyewa melakukan transaksi dengan Filter Studios.